Sabtu, 01 Desember 2012

PROGRAMMING

Program berbeda dengan pemrograman. Program adalah serangkain instruksi berurutan yang ditulis untuk melakukan serangkaian tugas oleh komputer. Sedangkan pemrograman adalah proses mengimplementasi urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah bahasa  yang digunakan dalam pembuatan program komputer. Pemrograman   adalah  segala  kegiatan  pembuatan  program  komputer. Orang yang bekerja pada bidang programming disebut programmer.

Jenis-jenis bahasa pemograman adalah:
  • Bahasa tingkat rendah --> Bahasa Assembly
  • Bahasa tingkat menengah --> Bahasa C
  • Bahasa tingkat tinggi --> Bahasa Pascal 
  • Bahasa berorientasi objek --> Bahasa C++
Secara rinci, Pemrograman berasal dari kata  program  yang diberi awalan pe– dan akhiran –an. Dalam hal ini, program berarti program komputer. Pengertian   program   komputer menurut John M. Zelle,  Ph.D.  dalam bukunya  yang  berjudul “Python  Programming: An  Introduction to  Computer  Science”  (2002,  p1)  adalah  sekumpulan  instruksi langkah perlangkah yang memberi tahukan mengenai yang harus dilakukan komputer secara  tepat.

Progamming   terdiri atas:
  • PC Base 
  • Web Base

Sedangkan jenis-jenis programming adalah:

1. Mobile Programming --> mencakup aplikasi-aplikasi yang ada pada mobile. 
2. Dekstop Programming --> merupakan pemrograman  yang difokuskan untuk merancang aplikasi berbasis PC / dekstop. Dekstop programming terbagi 2, yaitu:
  • Console :: program hasil keluarannya berupa 1 / lebih karakter. Contohnya: Pascal
  • GUI (Graphical User Interface) :: program hasil keluarannya berupa 1 objek yang dapat diberi warna. Contohnya : Java, C++
3. Web Programming --> adalah kode program yang diperlukan untuk membuat sebuah situs web. Web itu sendiri adalah kumpulan dari jutaan website. Jenis-jenis website adalah :
  • Website Statis
  • Website Dinamis
Berdasarkan tujuan, terdiri atas:
  • Personal Website
  • Cooperate Website
  • Forum Website
Kemudian dari segi pemrograman, terbagi atas:
  • Server Side
  • Client Side
Dalam pemrograman web, biasanya dikenal istilah HTML. HTML adalah --> suatu kode semi pemrograman yang menjadi dasar terwujudnya web. kode-kode yang digunakan dalam HYML disebut tag. HTML pertama kali ditemukan oleh Tim Barners Lee pada tahun 1989.

4. Database Programming --> mencakup aplikasi-aplikasi yang ada pada database.


Bicara masalah prospek menjadi seorang programmer, programmer itu sendiri dibutuhkan oleh seluruh industri / perusahaan, khususnya industri pengolahan data dan jasa komputer. beberapa keuntungan menjadi seorang programmer adalah:
 
1. Mendapat bayaran yang tinggi
2. Prospek pertumbuhan pekerjaab bertambah
3. Berbagai pilihan dalam berkarir
4. Pekerjaan yang menantang kreatifitas dan intelektualitas
5. Prospek yang baik untuk kemajuan

ALGORITMA

Algoritma  dalam  pengertian  modern mempunyai kemiripan dengan istilah  resep,  proses, metode, teknik, prosedur, rutin . Algoritma berasal dari kata algoris dan ritmis. Algoritma  adalah  sekumpulan  aturan-aturan  berhingga  yang  memberikan  sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

Menurut  Rinaldi  Munir,  algoritma  adalah  urutan  langkah-langkah  logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Berdasarkan dua pengertian algoritma di atas, dapat disimpulkan bahwa algor itma merupakan suatu istilah yang luas, yang tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer.

Berdasarkan  pengertian  algoritma  dan  pemrograman,  maka  dapat  dikatakan bahwa  program  merupakan  hasil  penerapan  dari  algoritma- algoritma.

Tipe-tipe Algoritma Berdasarkan Format Penulisan

Algoritma  adalah  independen  terhadap  bahasa  pemrograman  tertentu,  artinya algoritma  yang  telah  dibuat  tidak  boleh  hanya  dapat  diterapkan  pada  bahasa pemrograman  tertentu.  Penulisan  algoritma  tidak  terikat  pada  suatu  aturan  tertentu, tetapi harus jelas maksudnya untuk tiap langkah algoritmanya.

Namun pada dasar nya algoritma dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan format penulisannya, yaitu: 

1. Deskriptif

Algoritma  bertipe  deskriptif  maksudnya  adalah  algoritma  yang  ditulis  dalam bahasa manusia sehari- hari (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan dalam bentuk  kalimat.  Setiap  langkah  algoritmanya  diterangkan  dalam  satu  atau  beberapa kalimat.

Sebagai contoh misalnya algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan berikut ini:
Algoritma Menentukan_bilangan_terbesar_dari_3_bilangan
  • Meminta input 3 bilangan dari user, misalkan bilangan a, b, dan c.
  • Apabila  bilangan  a  lebih besar  dari  b  maupun  c,  maka  bilangan  a merupakan bilangan terbesar.
  • Jika  tidak  (bilangan  a tidak  lebih  besar  dari  b  atau  c)  berarti bilangan  a  sudah  pasti  bukan  bilangan  terbesar.  Kemungkinannya tinggal  bilangan  b  atau  c.  Apabila  bilangan  b  lebih  besar  dari  c, maka  b  merupakan  bilangan  terbesar.  Sebaliknya  apabila  bilangan  b tidak lebih besar dari c, maka bilangan c merupakan yang terbesar.
  • Selesai. 
2. Flow Chart (Diagram Alir)

Selain dalam bentuk tulisan, algoritma juga dapat ditulis dalam  bentuk diagram- diagram dengan anak panah sebagai penunjuk urutan langkah algoritmanya. Algoritma yang ditulis dengan simbol-simbol demikian yang dinamakan  flow chart.

3. Pseudocode

Pseudo  berarti imitasi dan  code  berarti kode yang dihubungkan dengan instruksi yang  ditulis  dalam  bahasa  komputer  (kode  bahasa  pemrograman).  Apabila diterjemahkan  secara  bebas,  maka  pseudocode  berarti  tiruan  atau  imitasi  dari  kode bahasa pemrograman. Pada  dasarnya  pseudocode  merupakan  suatu  bahasa  yang  memungkinkan programmer untuk berpikir terhadap per masalahan yang harus dipecahkan tanpa harus memikirkan   syntax   dari  bahasa  pemrograman  yang  tertentu.  Tidak  ada  aturan penulisan   syntax   di  dalam  pseudocode.  Jadi  pseudocode  digunakan  untuk menggambarkan logika urut-urutan dari program tanpa memandang bagaimana bahasa pemrogramannya.

Demikian penjelasan tentang Programming. Untuk lebih mengenalnya lebih jauh lagi silahkan baca artikel atau sember dengan topik pemrograman komputer lainnya. Sekian, semoga dapat bermanfaat. ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar