Program berbeda dengan pemrograman. Program adalah serangkain instruksi berurutan yang ditulis untuk melakukan serangkaian tugas oleh komputer. Sedangkan pemrograman adalah proses mengimplementasi urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan program komputer. Pemrograman
adalah segala kegiatan pembuatan program komputer. Orang yang bekerja pada bidang programming disebut programmer.
Jenis-jenis bahasa pemograman adalah:
- Bahasa tingkat rendah --> Bahasa Assembly
- Bahasa tingkat menengah --> Bahasa C
- Bahasa tingkat tinggi --> Bahasa Pascal
- Bahasa berorientasi objek --> Bahasa C++
Secara rinci, Pemrograman berasal dari kata program yang diberi
awalan pe– dan akhiran –an. Dalam hal ini, program berarti program
komputer. Pengertian program komputer
menurut John M. Zelle, Ph.D. dalam bukunya yang berjudul “Python
Programming: An Introduction to Computer Science” (2002, p1)
adalah sekumpulan instruksi langkah perlangkah yang memberi tahukan
mengenai yang harus dilakukan komputer secara tepat.
Progamming terdiri atas:
- PC Base
- Web Base
Sedangkan jenis-jenis programming adalah:
1. Mobile Programming --> mencakup aplikasi-aplikasi yang ada pada mobile.
2. Dekstop Programming --> merupakan pemrograman yang difokuskan untuk merancang aplikasi berbasis PC / dekstop. Dekstop programming terbagi 2, yaitu:
- Console :: program hasil keluarannya berupa 1 / lebih karakter. Contohnya: Pascal
- GUI (Graphical User Interface) :: program hasil keluarannya berupa 1 objek yang dapat diberi warna. Contohnya : Java, C++
3. Web Programming --> adalah kode program yang diperlukan untuk membuat sebuah situs web. Web itu sendiri adalah kumpulan dari jutaan website. Jenis-jenis website adalah :
- Website Statis
- Website Dinamis
Berdasarkan tujuan, terdiri atas:
- Personal Website
- Cooperate Website
- Forum Website
- Server Side
- Client Side
Dalam pemrograman web, biasanya dikenal istilah HTML. HTML
adalah --> suatu kode semi pemrograman yang menjadi dasar
terwujudnya web. kode-kode yang digunakan dalam HYML disebut tag. HTML pertama kali ditemukan oleh Tim Barners Lee pada tahun 1989.
4. Database Programming -->
mencakup aplikasi-aplikasi yang ada pada database.
Bicara masalah prospek menjadi seorang programmer, programmer itu sendiri dibutuhkan oleh seluruh industri / perusahaan, khususnya industri pengolahan data dan jasa komputer. beberapa keuntungan menjadi seorang programmer adalah:
1. Mendapat bayaran yang tinggi
2. Prospek pertumbuhan pekerjaab bertambah
3. Berbagai pilihan dalam berkarir
4. Pekerjaan yang menantang kreatifitas dan intelektualitas
5. Prospek yang baik untuk kemajuan
ALGORITMA
Algoritma dalam pengertian modern mempunyai kemiripan dengan istilah resep,
proses, metode, teknik, prosedur, rutin . Algoritma berasal dari kata algoris dan ritmis. Algoritma
adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan
sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang
khusus.
Menurut Rinaldi Munir, algoritma adalah urutan
langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara
sistematis. Berdasarkan dua pengertian algoritma di atas, dapat
disimpulkan bahwa algor itma merupakan suatu istilah yang luas, yang
tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer.
Berdasarkan pengertian algoritma dan pemrograman, maka dapat
dikatakan bahwa program merupakan hasil penerapan dari algoritma-
algoritma.
Tipe-tipe Algoritma Berdasarkan
Format Penulisan
Algoritma adalah independen terhadap bahasa pemrograman
tertentu, artinya algoritma yang telah dibuat tidak boleh hanya
dapat diterapkan pada bahasa pemrograman tertentu. Penulisan
algoritma tidak terikat pada suatu aturan tertentu, tetapi harus
jelas maksudnya untuk tiap langkah algoritmanya.
Namun pada dasar nya
algoritma dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan format
penulisannya, yaitu:
1. Deskriptif
Algoritma bertipe deskriptif maksudnya adalah algoritma yang
ditulis dalam bahasa manusia sehari- hari (misalnya bahasa Indonesia
atau bahasa Inggris) dan dalam bentuk kalimat. Setiap langkah
algoritmanya diterangkan dalam satu atau beberapa kalimat.
Sebagai contoh misalnya algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3
bilangan berikut ini:
Algoritma Menentukan_bilangan_terbesar_dari_3_bilangan
- Meminta input 3 bilangan dari user, misalkan bilangan a, b, dan c.
- Apabila bilangan a lebih besar dari b maupun c, maka bilangan a merupakan bilangan terbesar.
- Jika tidak (bilangan a tidak lebih besar dari b atau c) berarti bilangan a sudah pasti bukan bilangan terbesar. Kemungkinannya tinggal bilangan b atau c. Apabila bilangan b lebih besar dari c, maka b merupakan bilangan terbesar. Sebaliknya apabila bilangan b tidak lebih besar dari c, maka bilangan c merupakan yang terbesar.
- Selesai.
2. Flow Chart (Diagram Alir)
Selain dalam bentuk tulisan, algoritma juga dapat ditulis dalam
bentuk diagram- diagram dengan anak panah sebagai penunjuk urutan
langkah algoritmanya. Algoritma yang ditulis dengan simbol-simbol
demikian yang dinamakan flow chart.
3. Pseudocode
Pseudo berarti imitasi dan code
berarti kode yang dihubungkan dengan instruksi yang ditulis dalam
bahasa komputer (kode bahasa pemrograman). Apabila diterjemahkan
secara bebas, maka pseudocode berarti tiruan atau imitasi dari
kode bahasa pemrograman. Pada dasarnya pseudocode merupakan suatu
bahasa yang memungkinkan programmer untuk berpikir terhadap per
masalahan yang harus dipecahkan tanpa harus memikirkan syntax
dari bahasa pemrograman yang tertentu. Tidak ada aturan
penulisan syntax di dalam pseudocode. Jadi pseudocode
digunakan untuk menggambarkan logika urut-urutan dari program tanpa
memandang bagaimana bahasa pemrogramannya.
Demikian penjelasan tentang Programming. Untuk lebih mengenalnya lebih
jauh lagi silahkan baca artikel atau sember dengan topik pemrograman komputer lainnya. Sekian,
semoga dapat bermanfaat. ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar